Senin, 25 Maret 2013

kesehatan Mental tulisan 3

Tulisan 3

Penyesuaian Diri dan Pertumbuhan
  • Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri dalam bahasa aslinya dikenal dengan istilah adjustment atau personal adjustment. Schneiders berpendapat bahwa penyesuaian diri dapat ditinjau dari tiga sudut pandang, yaitu: penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation), penyesuaian diri sebagai bentuk konformitas (conformity), dan penyesuaian diri sebagai usaha penguasaan (mastery).
Penyesuaian diri adalah suatu proses yang mencakup respon mental dan tingkah laku, dimana individu berusaha untuk dapat berhasil mengatasi kebutuhan-kebutuhan dalam dirinya, ketegangan-ketegangan, konflik-konflik, dan frustrasi yang dialaminya, sehingga terwujud tingkat keselarasan atau harmoni antara tuntutan dari dalam diri dengan apa yang diharapkan oleh lingkungan dimana ia tinggal (Schneiders dalam Desmita, 2009:192).
Karakter penyesuaian diri dapat dibedakan menjadi penyesuaian diri positif (normal) dan penyesuaian diri negatif (abnormal).
Individu yang mampu melakukan penyesuaian diri positif diantaranya :
  1. mampu dalam belajar
  2. menghargai pengalaman
  3. tidak menunjukan adanya ketegangan emosional
  4. tidak menunjukan adanya frustasi pribadi
Individu yang melakukan penyesuaian diri negatif diantaranya :
  1. menghadapi masalah secara langsung
  2. penyesuaian dengan melakukan eksplorasi
  3. penyesuaian dengan belajar
Aspek-aspek Penyesuaian Diri  Menurut Fromm dan Gilmore (dalam Desmita, 2009:195) ada empat aspek kepribadian dalam penyesuaian diri yang sehat antara lain :
  1. Kematangan emosional
  2. Kematangan intelektual
  3. Kematangan sosial
  4. Tanggung jawab
Bentuk-bentuk penyesuaian diri :
  1. Adaptive
  2. Adjustive
  •  Pertumbuhan Personal 
Pertumbuhan yang terjadi dalam diri seseorang itu karena adanya faktor lingkungan. Saat berinteraksi dengan orang lain dalam suatu lingkungan secara tidak langsung orang itu sedang menumbuhkan jati diri dalam dirinya. Ada juga faktor lain seperti keluarga sosial budaya dimana ia berada dan masing-masing faktor memiliki cara sendiri dalam pertumbuhan personal seseorang.
Sumber :
http://belajarpsikologi.com/pengertian-penyesuaian-diri/
http://www.kajianpustaka.com/2013/01/teori-penyesuaian-diri.html
http://www.psychologymania.com/2012/09/karakteristik-penyesuaian-diri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar