Sabtu, 01 Juni 2013

Kesehatan Mental Tulisan 7

Tulisan 7

1. Mengubah Sikap Terhadap Pekerjaan

- Definisi nilai pekerjaan

Nilai pekerjaan adalah bahwa nilai dari apa yang kita kerjakan sebenarnya sangat bergantung kepada cara berpikir kita terhadap pekerjaan itu. Sekecil apapun pekerjaan yang kita lakukan, jika kita memahami bahwa pekerjaan itu adalah bagian dari sebuah perencanaan besar, atau bahwa pekerjaan itu adalah proses menuju terwujudnya sesuatu yang besar, maka tidak akan ada lagi perasaan kecil dalam hati kita ketika mengerjakan pekerjaan itu.

- Apa yang dicari dalam pekerjaan

1. Mencari uang.
Hal ini adalah hal yang paling dasar yang mendorong seseorang untuk bekerja.  Untuk mencari nafkah (uang), untuk mencukupi kebutuhannya dan keluarga.
2.Mencari pengembangan diri
Adalah tabiat manusia untuk ingin berkembang menjadi lebih baik. Orang bekerja karena mereka ingin mencari pengembangan (potensi) diri mereka. Mereka akan  mencari pekerjaan dimana mereka dapat mengembangkan diri mereka disana.
3. Mencari teman/sarana bersosialisasi
Manusia adalah makhluk sosial yang perlu untuk bersosialisasi. Maka manusia perlu bekerja untuk menambah teman dan relasi mereka. Sebagai media dan tempat mereka untuk bersosialisasi.
4. Sebagai sarana beribadah
Hal ini saya yakini ada dan dimiliki orang, walau mungkin jarang terpikirkan sebagai  hal yang dicari dalam bekerja. Sebagai orang yang beriman memang seharusnya setiap tindakan kita di dunia harus dimaknai sebagai ibadah.
5. Mencari pengalaman hidup
Dalam setiap pekerjaan pasti ada berbagai kejadian/pengalaman, dari beberapa orang bekerja hanya untuk mencari pengalaman bukan untuk memenuhi kebutuhan dirinya.

- Fungsi psikologis dari pekerjaan

Psikologis seseorang sangat berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan karena apabila keadaan sedang tidak baik maka hasil dari apa yang kita kerjakan pun tidak akan maksimal dan sesuai yang diharapkan.

2. Proses dalam Memilih Pekerjaan

- Fase-fase identitas pekerjaan

Fase-fase dalam pekejaan adalah Orang denderung mengidentifikasi dengan apa yang mereka lakukan. Bagaimana seiring kalian mendengar seseorang memperkenalakan dirinya dengan berkata “saya bekerja untuk IBM” atau “ saya seorang suster”. Studs Tarket (1972) menemukan bahwa pekerjaan mereka membosankan,pekerjaan mekanis yang sering membuat mereka merasa menjadi “mekanik”, atau “robot”. Dilain pihak, mereka tertarik pada tantangan dan pemenuhan pekerjaan pada seni atau profesi yang menunjukan tujuan hidup mereka, biasanya sebagai hasil dari pekerjaan yang mereka lakukan.
 
3. Memilih Pekerjaan yang Cocok

- Jelaskan hubungan antara karakteristik pribadi dan pekerjaan dalam memilih pekerjaan yang cocok

Karakteristik pribadi
Sebuah awal yang bagus adalah memilih ketertarikan apa yang kamu punya pada diri sendiri dan kemampuan. Kalian adalah sebuah gabungan unik dari sifat pribadi,ketertarikan,keahlian dan harga. Semakin baik yang kalian dapat ketahui mengenai diri kalian sendiri maka lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.
karakteristik pekerjaan
Sekali anda memulai menjelajahi ketertarikan anda sendiri,kemampuan,dan nilai, kalian siap untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan karakteristik pribadi anda.
Jadi, karakteristik pribadi dan pekerjaan memang memiliki hubungan yang sangat erat dalam memilih pekerjaan karena apabila pribadi kita lebih menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan maka pekerjaan yang akan diambil pasti tidak jauh dari yang berubungan dengan uang, misalnya bank, marketing, pembisnis dan lain sebagainya.

4. Waktu Luang

- Jelaskan bagaimana menggunakan waktu luang secara positif

Gampang saja, semua tergantung pada pribadi orang tersebut apabila dia bisa memanfaatkan waktu luang yang dia punya dengan sesuatu yang positif berarti dia bisa menjadi orang yang lebih berguna dan bersyukur.

Sumber :
http://tyox.wordpress.com/2011/07/05/apa-yang-dicari-dalam-bekerja/
http://blogspot.com/2011/05/nilai-pekerjaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar