Jumat, 28 September 2012

softskill

Sejarah Internet
Di jaman yang sudah hebat ini internet sangat cepat sekali perkembangannya. Tapi apakah kamu tau bagaimana sejarah perkembangan internet di dunia? Disini saya akan menjelaskan mengenai sejarah internet. Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah sistem jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal dari internet. Lanjut lagi pada tahun 1980-an, internet pertama kali digunanakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat. Protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982 sedangkan sistem nama domain mulai digunakan pada 1984. National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat. ARPANET dibubarkan tahun 1990 akan tetapi internet tetap berkembang hingga saat ini. Dan tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.
Sumber : 
Ramadha, Arief, 2004, Internet dan Aplikasinya, PTElexmedia Komputindo, Jakarta.
www.wikipedia.com

Layanan Online
Disini aku akan ngebahas tentang pelayanan online,, mungkin sering kali kita mendengar kata online dalam dunia internet, online banyak digunakan oleh orang banyak tapi apakah kalian tau online itu apa? apa yang dimaksud dengan layanan online? saya bakal menjelaskan sedikit mengenai layanan online itu.. online merupakan terhubung, terkoneksi, aktif dimana kita bisa terhubung dan menjalin komunikasi melalui komputer. Melalui online kita bisa chatting, browsing, gaming dan lain-lain. Jadi layanan online itu ialah tempat dimanan kita bisa melakukan chatting bahkan bisnis online yang memasarkan produknya melalui bisnis online.
Sumber :
http://pitikkedu.blogspot.com/2012/09/pengertian-online.html
http://januar-anas.blogspot.com/2011/07/apa-itu-online.html
www.wikipedia.com

Internet Service Provider
Internet Service Provider (ISP) adalah sebuah badan usaha atau organisasi yang menyediakan dan menjual jasa sambungan atau koneksi internet kepada pelanggan. ISP memiliki jaringan yang baik, sehingga para pengguna sambungan ISP dapat terhubung dengan jaringan internet global karena ISP memiliki jaringan domestik dan internasional.
Sumber :
http://ceboonk.wordpress.com/2007/04/04/apa-itu-isp-internet-service-provider/
http://septiansite210108.blogspot.com/2011/10/pengertian-isp-adalah.html 


WWW
Sering sekali kita mendengar kata www yang erat kaitannya dengan internet. Tapi banyak pula yang belum mengetahui sebenarnya apa itu www? www merupakan singkatan dari “world wide web” yang berarti jaringan dunia raya. Web merupakan sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Dokumen di  www menjadi suatu dokumen yang disusun dengan format HTML datau Hipertex Text Markup Language.
Sejarah WWW
Tahun 1991 tim Berners-Lee menemukan sebuah program yaitu www atau World Wide Web. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin mengembangkan sistem yaitu menyusun arsip-arsip risetnya dan ternyata www mendapat perhatian dari banyak publik sehingga wwwtidak dapat disamakan dengan aplikasi internet yang lainnya.
Ada pendapat yang mengatakan bahwa www adalah salah satu fasilitas internet yang menawarkan banyak kemudahan dan kecanggihan karena www menjadi satu dokumen yang disusunmenggunakan format HTML. WWW dibuat dengan tujuan sebagai bentuk penyedia informasi di internet yang dapat kita akses dengan cepat dan mudah yang bisa digunakan bersama di seluruh dunia.
Sumber :
   
EMAIL
Email merupakan aktiftas online yang dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat pengguna internet umumnya untuk berkomunikasi dengan teman di pelosok dunia bahkan email juga banyak digunakan bagi pekerja kantoran. Bahkan ada juga orang yg memanfaatkan email sebagai peluang membuka bisnis untuk mengenalkan bisnisnya agar lebih dikenal oleh orang banyak.
Pengertian email
Email adalah surat melalui media elktronik atau pos elektronik yang bisa dikatakan sebagai sarana surat mengirim surat melalui media komputer.  Email merupakan singkatan dari ”electronic mail”. Email didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol disebut sebagai POP, Internet Mail Access Protocol disebut IMAP, dan yang terakhir adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP.
Manfaat email
Disini aku akan membahas mengenai apa saja manfaat yang di dapat apabila kita mengakses internet:
1.      Lewat email kita bisa mengirim surat elektronik berupa teks dengan memakai gambar
2.      Email bisa menyimpan sebuah file
3.      Email dikirim dari satu alamat ke alamat lain dalam jaringan internet di seluruh dunia
4.      Mengirim surat elektronik dengan email  ke alamat email lain akan langsung diterima
5.      Biaya yang di keluarkan murah
Mungkin penjelasan diatas masih sebagian kecil dari banyaknya manfaat apabila kita mengakses email. Bahkan bisa dibilang sedikit aneh kalau ada orang yang tidak memiliki alamat email, kenapa? Ya karena setiap buat fb, blog, twitter dan lain  sebagainya kita harus memakai email untuk daftar account tersebut.
Sumber  :

Search Engine
Sering sekali kita mendengar dalam bahasa komputer yang namanya search engine, tapi apakah kamu tau search engine itu apa? Saya akan membahas lebih inti mengenai search engine . search engine disebut sebagai mesin pencari dimana sistem yang ada pada search engine diolah melalui satu atau sekelompok komputer untuk mencari data.
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengidentifikasi alamat-alamat website di internet. Saat ini sudah banyak website search engine yang popular dan sering di akses oleh orang banyak contohnya yahoo.com dan google.com.  manfaat dari penggunaan search engine ini adalah mempermudah dan mempercepat website yang di cari, disini kita juga bisa melihat info pendidikan, info alamat web dan lain-lain. Jadi manfaatkanlah semua aplikasi yang ada di komputer dan internet termasuk search engine yang menjadi mesin pencari yang dapat menghubungkan orang dari seluruh dunia.
Sumber :

CHATTING
Chatting dapat diartikan sebagai mengobrol yang diartikan secara langsung dalam bahasa inggris. Akan tetapi, dalam dunia komputer chatting ialah fasilitas yang ada di internet yang bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna internet yang sedang online, baik itu berupa suara ataupun teks. Di era yang canggih ini tidak sulit kita untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun kerabat yang berada jauh diantara kita . sudah banyak tersedia program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk chatting sperti yahoo messenger, skype,  google talk dan lain-lain. Chatting juga bisa di akses melalui handphone contohnya facebook, whatsapp, bbm dan lain sebagainya. Chatting atau pesan instant adalah teknologi jaringan yang mengijinkan penggunanya mengirimkan pesan ke pengguna lain dan tersambung dalam sebuah jaringan LAN atau Local Area Network.
Manfaat dari chatting itu sendiri seperti halnya kita bisa berkomunikasi lebih mudah dan cepat dengan orang lain, apabila punya teman baru kita juga bisa melihat muka mendengar suaranya dengan menggunakan aplikasi skype. Itulah alasan mengapa hampir seluruh orang menggunakan chatting untuk berhubungan dengan teman yang jauh.
Sumber :

NETIQUETTE
Netiquette adalah etika dalam menggunakan internet. Netiquette merupakan gabungan dari jaringan dan etiket. Internet adalah sebuah kumpulan komuntas yang punya aturan yang menjadi aturan dalam penggunaan internet. Fungsi netiquette sebagai seperangkat pedoman yang dapat membuat pengguna komunikasi internet lebih berguna. Sebenarnya netiquette merupakan sesuatu yang biasa bagi penggunanya, namun kadang kala ada beberapa pengguna komunikasi internet yang menggunakan internet seenaknya sehingga kadang secara tidak langsung menyinggung perasaan orang lain. Jadi lebih baik fasilitas internet yang ada digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti berkomunikasi dengan teman yang jauh.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette
http://kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette
http://yensiveraaa.blogspot.com/2011/12/netiquette-adalah.html





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar