A. Penelitian Psikologi dan Internet
1. Publikasi Online
apa kamupernah mendengar yang disebut dengan publikasi online? mungkin
iya, tapi apa kamu tau apa itu publikasi online? disini aku akan
menjelaskan sedikit mengenai apa itu publikasi online. Publikasi online
adalah media informasi pemasaran produk, jasa, promosi usaha atau
bisnis. Melalui publikasi online kamu bisa memasarkan produk atau
aksesoris yang kamu jual lewat media online atau bisa disebut sebagai
online shop. kelbihannya melalui publikasi online kita bisa memasarkan
produk dan jasa tanpa dibatasi oleh tempat, waktu dan ruang serta
melalui publikasi online kita juga bisa mencakup dunia global jadi
seluruh dunia bisa mengakses atau melihat bisnis online shop yang kita
buat .
Bukan sekedar media, teknologi informasi dan komunikasi ini juga
mempunyai pengaruh dalam proses demokratisasi, terutama terkait salah
satu komponen utama demokrasi, yaitu transparansi. Oleh
karena
itu, harus ada edukasi mengenai pemanfaatan media online ini,
terutama jika media online ini digunakan sebagai sarana publikasi.
Publikasi online juga bisa merupakan informasi-informasi tentang dunia
pendidikan, kesehatan, olahraga dan lain sebagainya bahkan bisa juga
membantu mencari solusi dari masalah-masalah yang sering dialami dalam
kehidupan.
Contoh :
- Cara mengajarkan anak sopan santun
- Cara memberi kesan dengan pasangan kencan
- Siapa yang disebut dengan remaja itu?
mungkin itu hanya sebagian kecil dari sekian banyak contoh dari
publikasi online yang aku rasa banyak diantaranya yang sudah berhasil
menembus sampai ke dunia global.
Sumber :
http://www.politik.lipi.go.id/index.php/in/kegiatan/tahun-2010/170-workshop-publikasi-online
http://www.duniaremaja.net/catatan/contoh-publikasi-online.html
http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/07/tiga-repositori-publikasi-online-indonesia-masuk-50-besar-dunia/
http://denetforce.wordpress.com/services/media-publikasi-online/
2. Etika dalam Penelitian dengan Bantuan Internet
Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan
dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata
yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau
kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan
komputer
merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data.
Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari
waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar
yang harus dipahami oleh masyarakat luas. kenapa setiap pengguna harus
mengetahui bagaimana etika dalam pengguanaan internet agar tidak banyak
orang yang menyalahgunakan intenet dengan semena-mena.
Lahirnya etika komputer sebagai sebuah disiplin ilmu baru dalam bidang
teknologi tidak dapat dipisahkan dari permasalahan-permasalahan seputar
penggunaan komputer yang meliputi kejahatan komputer, netiket, e-commerce, pelanggaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelekstual) dan tanggung jawab profesi.
Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan
untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara sehingga dapat
diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes,
dkoumentasi dan sebagainya.
Sedangkan Instrumen Pengumpul Data merupakan alat yang digunakan
untuk mengumpulkan data. Karena berupa alat, maka instrumen dapat
berupa lembar cek list, kuesioner (angket terbuka / tertutup), pedoman
wawancara, camera photo dan lainnya. Jadi setiap penelitian harus
dilakukan dengan cara yang benar dan memiliki etika yang baik juga
terlebih kita melakukan penelitian dengan bantuan internet jadi harus
sesuai dengan etika yang berlaku.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_komputer
http://teorionline.wordpress.com/service/metode-pengumpulan-data/
http://teorionline.wordpress.com/service/metode-pengumpulan-data/
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/media-convergence/12-response-paper-ptk-2012/1808-yeyeyeyyehehez
3. Jurnal Penelitian Mengenai Psikologi
Saat ini internet sudah hampir semua orang menggunakannya.
Tapi sebuah studi menemukan bahwa
menggunakan internet secara berlebihan dapat merusak otak remaja yang
membuat salah satu bagian otak cenderung keriput.
Penggunaan internet sudah sangat umum pada
zaman sekarang. Tapi sebuah studi menemukan bahwa menggunakan internet
secara berlebihan dapat merusak otak remaja yang membuat salah satu
bagian otak cenderung keriput.
Para ilmuwan menemukan adanya tanda-tanda atrofi (penyusutan) pada materi abu-abu di otak remaja pengguna internet berat yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.
Hal ini dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan memori, serta kemampuan remaja untuk membuat keputusan dan tujuan yang diterapkan.
Selain itu juga dapat mengurangi hambatan dan mendorong remaja melakukan perilaku yang tidak pantas.
Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan scan otak MRI dari 18 pelajar berusia 19 tahun yang menghabiskan 8 sampai 13 jam sehari untuk bermain game online,selama enam hari dalam seminggu.
Pelajar diklasifikasikan sebagai pecandu internet setelah menjawab delapan pertanyaan, termasuk apakah mereka telah mencoba untuk berhenti menggunakan internet dan apakah mereka berbohong kepada anggota keluarga tentang jumlah waktu yang mereka habiskan untuk online.
Hasil perbandingan dengan kelompok kontrol menunjukkan bahwa remaja pecandu internet mengalami kerusakan pada materi abu-abu di permukaan keriput otak (korteks), yang merupakan tempat pengolahan memori, emosi, kemampuan bahasa, penglihatan, pendengaran dan kontrol motor.
Peneliti juga menemukan adanya perubahan dalam jaringan otak yang disebut sebagai materi putih, yang melewatkan pesan antara daerah berbeda dari materi abu-abu dalam sistem saraf.
Menurut peneliti, kelainan ini dapat membuat remaja lebih bergantung pada internet dan harus menghadapi risiko mengalami IAD (internet addiction disorder).
Para ilmuwan menemukan adanya tanda-tanda atrofi (penyusutan) pada materi abu-abu di otak remaja pengguna internet berat yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.
Hal ini dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan memori, serta kemampuan remaja untuk membuat keputusan dan tujuan yang diterapkan.
Selain itu juga dapat mengurangi hambatan dan mendorong remaja melakukan perilaku yang tidak pantas.
Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan scan otak MRI dari 18 pelajar berusia 19 tahun yang menghabiskan 8 sampai 13 jam sehari untuk bermain game online,selama enam hari dalam seminggu.
Pelajar diklasifikasikan sebagai pecandu internet setelah menjawab delapan pertanyaan, termasuk apakah mereka telah mencoba untuk berhenti menggunakan internet dan apakah mereka berbohong kepada anggota keluarga tentang jumlah waktu yang mereka habiskan untuk online.
Hasil perbandingan dengan kelompok kontrol menunjukkan bahwa remaja pecandu internet mengalami kerusakan pada materi abu-abu di permukaan keriput otak (korteks), yang merupakan tempat pengolahan memori, emosi, kemampuan bahasa, penglihatan, pendengaran dan kontrol motor.
Peneliti juga menemukan adanya perubahan dalam jaringan otak yang disebut sebagai materi putih, yang melewatkan pesan antara daerah berbeda dari materi abu-abu dalam sistem saraf.
Menurut peneliti, kelainan ini dapat membuat remaja lebih bergantung pada internet dan harus menghadapi risiko mengalami IAD (internet addiction disorder).
Sumber :
http://akgunz.mywapblog.com/dampak-penggunaan-internet-secara-berleb.xhtml
B. Fenomena yang Berkaitan dengan Psikologi dan Internet
Game Online : POINT BLANK
Di zaman yang sudah hebat ini sudah banyak orang yang mengakses
internet dengan tujuan yang berbeda khususnya untuk sebagai hiburan.
Anak kecil pun banyak yang mengakses internet dengan memainkan
permainan yang ada di internet atau bisa kita bilang sebagai game
online. Nah game online yang mau aku bahas disini yaitu POINT BLANK,
mungkin sudah banyak orang memainkannya terutama anak kecil tapi ada
beberapa juga yang belum mengerti cara memainkannya. Setelah 3 hari aku
coba mainkan game online point blank ini aku akan berbagi bagaimana
cara memainkannya .
Point blank online ini pertama kali di kembangkan di korea, meski masuk
di Indonesia merupakan versi editan akan tetapi hal tersebut tidak
mengurangi para peminat permaianan game tembak-tembakan ini surut. Jika
tidak ga mungkin anak SD pun ikut nimbrung dan beraksi di point blank.
Cara Menjalankan Game Point Blank :
1). Double Click shortcut icon Point Blank yang ada didesktop
2). Click Update untuk memperbarui, atau langsung lakukan click Check jika sobat sudah menginstall semua point blank patch.
3).
Setiap kali selesai melakukan Update, disarankan click Check terlebih
dahulu untuk memastikan semua komponen berjalan dengan lancar.
4). Jika sudah, click Start untuk mulai memainkan game point blank.
Download Game PB
Lakukan login dengan menggunakan account sobat atau jika belum mempunyai account game point blank, bisa lakukan register terlebih dulu.
Berikut juga cara bermain point blank online untuk pemula :
~ Jalan Maju :W
~ Jalan Mundur:S
~ Jalan Ke kanan:D
~ Jalan Ke Kiri:A
~ Tembak: Mouse klik sebelah kiri
~ Loncat:Spasi
~ Ganti Senjata Pistol:2
~ Ganti Senjata Pisau:3
~ Ganti Bomb Ledakan:4
~ Ganti Bomb Asap:5
~ Ganti Senjata Utama:1Dampak positif :
- membuat orang pintar
- meningkatkan konsentrasi
- menambah teman
- bisa bersosialisasi
- meningkatkan kecepatan dalam mengetik, dll
Dampak negatif :
- menimbulkan efek ketagihan
- lupa waktu
- mengganggu kesehatan
- tidak mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
Itulah cara bermain game online point blank setela selama 3 hari aku memainkannya.
Sumber :
http://www.mentari.biz/cara-bermain-point-blank-online-untuk-pemula.html
http://www.attayaya.net/2010/02/cara-bermain-dan-cheat-point-blank.html
http://cirebon-cyber4rt.blogspot.com/2012/06/free-download-dan-cara-intsall-game.html
http://penembakjitu.org/games/cara-bermain-point-blank.html
http://dc318.4shared.com/doc/P0gjNeu9/preview.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar